Regar Update :

Kimux 1.02 Hydrogen, Paket Aplikasi Kimia - Linux

Kamis, 27 Oktober 2011

Ini konsep pendekatan saja, barangkali tidak sepenuhnya bener. Untuk mengenalkan linux pada seseorang yang punya disiplin ilmu tertentu, mungkin akan lebih mengena apabila dikenalkan aplikasi bidangnya yang ada dalam linux. Supaya mereka tahu bahwa dalam linux ada begitu banyak software yang ‘advance’ tapi free. Ini yang mendasari saya untuk membuat paket aplikasi kimia Kimux, meski hanya sekedar remastering Ubuntu 11.04. Bagi pemula, yang seperti inipun sudah ’sundul langit’. Okay??!!

Sampai Oktober 2011 ini sudah muncul rilis LiveDVD Kimux 1.02 hydrogen, kapasitas 3,6 GB,  revisi 1 dari rilis perdana Kimux. Kimux adalah varian distro Ubuntu 11.04  yang khusus mempaket-ulangkan software aplikasi kimia, elearning dan multimedia  berbasis linux. Teknik yang digunakan dalam pemaketan ulang adalah remastering menggunakan aplikasi Remastersys. Pada rilis 1.02 ini semakin banyak aplikasi kimia dan multimedia yang ditambahkan, sehingga kapasitasnya mencapai 3,6 GB.

Target pengguna Kimux adalah pemula pengguna linux yang banyak berhubungan dengan ilmu kimia, elearning dan multimedia, baik untuk guru, dosen maupun para peneliti kimia, khususnya kimia komputasi yang membutuhkan software aplikasi kimia legal, non-bajakan. Semoga bisa bermanfaat/digunakan orang lain. Mungkin bisa digunakan untuk pengajaran kimia dan juga pelengkap riset dalam bidang kimia komputasi.Meskipun masih ada ‘bug’ yang sudah terdeteksi, tapi akan diperbaiki pada rilis berikutnya. Mohon laporannya!.

Cover LiveDVD Kimux 1.02 hydrogen

Target rilis sampai akhir Oktober 2011 akan masuk 100 software aplikasi kimia. Memang kedengarannya ngoyoworo, tetapi ini mungkin kan? Boleh jadi suatu saat saya akan menggunakan DVD double layer untuk membuat Kimux, yang penting kimiawan tahu betapa linux sangat ‘berdaya’ untuk pengajaran dan penelitian.

Insya Allah rilis berikutnya, kira-kira bulan November 2011, Kimux 2.0 helium sebagai paket aplikasi kimia - linux hasil remastering distro Ubuntu 11.10 oneiric. Ikuti perkembangannya di link ini:  http://kimia.unnes.ac.id/kasmui.

Share this Article on :
 

© Copyright GENIUS SIREGAR (Alumni PTKI Medan'10) 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.