Regar Update :

Larutan Primer

Selasa, 11 Oktober 2011

Larutann Standar Primer Dan Sekunder
Dalam suatu titrasi untuk menentukan kemolaran suatu larutan dengan menggunakan larutanlain yang sudah diketahui kemolarannya. Larutan peniter itu kita sebut larutan standar.Ketetapan dari kosentrasi larutan yang dititer salah satunya bergantung pada kepastiankemolaran dari larutan peniter.Cara penyediaan larutan setandar Biasanya larutan standar yang digunakan adalah NaOH, dalam membuat larutan NaOH makakita harus menimbnag kristalnya dan melarutkan dalam air.karena Kristal NaOH bersifathigroskopis dan mudah mengikat karbon dioksida dalam udara dalam penimbangan juga akanmempengaruhi dalam ketelitiannya.Untuk memperoleh kosentrasi larutan dengan akurasi tinggi adalah •Tersedia dalam kemurnian tinggi •Tidak higroskopis dan tidak bereaksi dengan sesuatu diudara •Mempunyai massa molekul relative (Mr) yang relative besar, sehingga lebih teliti dengan Penimbangan •Larutan dalam pelarut yang diinginkan, misalnya dalam air •Bersifat stabil tidak mudah terurai atau berubah menjadi zat lain •Sebaiknya relative murah, tidak beracun dan aman bagi lingkunganDalam titrasi asam – basa digunakan larutan standar kalium hidrogenftalat (KHP) senyawaini adalah suatu asam yang bervalensi satu. Larutan standar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu larutan standar primer dan sekunder Larutan standar primer : larutan standar yang dibuat dengan ketelitian tinggiLarutan standar sekunder : yaitu larutan yang kemolarannya ditetapkan dengan larutanstandar primer Kimia Analitik ( Bagaimana Cara Membuat Larutan)
Larutan standar dalamtitrasimemegang peranan yang amat penting, hal inidisebabkan larutan ini telah diketahui konsentrasi secara pasti (artinyakonsentrasi larutan standar adalah tepat dan akurat). Larutan standarmerupakan istilah kimia yang menunjukkan bahwa suatu larutan telah diketahuikonsentrasinya. Terdapat dua macam larutan standar yaitu larutan standar primer dan larutan standar sekunder. Larutan standar primer adalah larutan standar yang konsentrasinya diperoleh dengancara menimbang. Contoh senyawa yang dapat dipakai untuk standar primer adalah: •Arsen trioksida (As2O3) dipakai untuk membuat larutan natrium arsenitNaASO2 yang dipakai untuk menstandarisasi larutan natrium periodatNaIO4, larutan iodine I2, dan cerium (IV) sulfat Ce(SO4)2. •Asam bensoat dipakai untuk menstandarisasi larutan natrium etanolat,isopropanol atau DMF. •Kalium bromat KBrO3 untuk menstandarisasi larutan natrium tiosulfatNa2S2O3. •Kalium hydrogen phtalat (KHP) dipakai untuk menstandarisasi larutanasam perklorat dan asam asetat. •Natrium Karbonat dipakai untuk standarisasi larutan H2SO4, HCl danHNO3. •Natrium klorida (NaCl) untuk menstandarisasi larutan AgNO3 •Asam sulfanilik (4-aminobenzene sulfonic acid) dipakai untuk standarisasilarutan natrium nitrit. As2O3, asam bensoat, KBrO3, KHP, Na2CO3, NaCl, dan asam sulfanilik diatas adalahstandar primer jadi senyawa ini ditimbang dengan berat tertentu kemudian dilarutkan dalamaquades dengan volume tertentu untuk didapatkan larutan standar primer. Larutan standar sekunder adalah larutan yang konsentrasinya diperoleh dengan caramentitrasi dengan larutan standar primer. NaOH tidak dapat dipakai untuk standar primer disebabkan NaOH bersifat higroskopis olehsebab itu maka NaOH harus dititrasi dahulu dengan KHP agar dapat dipakai sebagai standar primer. Begitu juga dengan H2SO4 dan HCl tidak bisa dipakai sebagai standar primer,supaya menjadi standar sekunder maka larutan ini dapat dititrasi dengan larutan standar primer NaCO3. Syarat senyawa yang dapat dijadikan standar primer: 1.Memiliki kemurnian 100% 2.Bersifat stabil pada suhu kamar dan stabil pada suhu pemanasan(pengeringan) disebabkan standar primer biasanya dipanaskan dahulusebelum ditimbang. 3.Mudah didapatkan (tersedia diaman-mana). 4.Memiliki berat molekul yang tinggi (MR), hal ini untuk menghindarikesalahan relative pada saat menimbang. Menimbang dengan berat yangbesar akan lebih mudah dan memiliki kesalahan yang kecil dibandingkandengan menimbang sejumlah kecil zat tertentu. 5.Harus memenuhi kriteria syarat-syarat. kami selalu memberikan pelayanan terbaik.. Good Luck
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright GENIUS SIREGAR (Alumni PTKI Medan'10) 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.