Regar Update :

Software aksara Batak

Jumat, 04 November 2011

Beberapa saat yang lalu saya coba-coba mengubah Head dari blog ini, salah satu konsepnya dengan menampilkan aksara batak. Sekaligus untuk mencoba software buatan amangboru Prof Dr Uli Kozok MA, yang baru saja dilaunchingkan di Univ. Sisingamangaraja XII beberapa hari yang lalu.

Software ini sudah mengalami banyak perubahan, sejak beliau merancang software ini beberapa tahun lalu dalam bentuk FONT yang bisa dicopy langsung ke windows XP, tepatnya ke folder c:\windows\fonts

Secara pribadi, tanpa lupa mengucapkan banyak terima kasih pada beliau, karena masih ada yang peduli dengan aksara langkah yang mulai punah ini. TOBAN.TTF buatanya yang pertama lebih cenderung pada penterjemahan huruf Lathin atau ALFABET ke PUSTAHA BATAK.

Sebagai bahan kilas balik, menurut yang pernah saya pelajarai bahwa aksara batak ini ada dua macam, satunya adalah PUSTAHA BATAK, yaitu TULISAN asli bahasa batak dengan 19 dan anaknisurat na lima abjat utama. A, HA, MA, NA, RA, TA, BA, GA, JA, LA, PA, NGA, I d.ll. Mungkin kita sudah pernah pelajari.

Bagian kedua, yang paling baru adalah SURAT BATAK, dimana tulisan ini sudah banyak disusupi oleh huruf dan kata-kata yang sebenarnya bukan asli huruf batak. Seperti c, f, q, v, x, dan z serta bunyi h pada akhir suku kata (ru-mah, rah-mat), KAlau tidak salah baru beberapa thun ini diciptakan. Jujurnya hanya di Pakkat ada bahasa batak C, misalnya SADA jadi CADA…

Kembali ke topik, Sebagai bahan pembelajaran kembali agar kita tidak lupa sama warisan leluhur yang sangat langka ini, berikut saya mau share bagi kita semua, bagi netter. Dengan harapan, aksara ini bisa kita pergunakan untuk sara pengenalan aksara batak pada generasi muda saat ini yang sudah tidak mengenal aksara ini lagi.

File ini berekstension .jar, tentunya untuk menggunakan aplikasi ini, rekans harus menginstall lebih dahulu software pendukung yang bisa mengoperasikan .jar.

Bagaimana cara installnya??

1. Lebih dulu install JRE atau Java Runtime Environment, karena program ini diciptakan dengan sytem orperasi JAVA. Download disini.

2. Selanjutnya akan muncul Kotak Installation JRE, dan silahkan ikuti cara penginstallanya

2. Download aksara ini ada di Download di sini

3. Simpan dan untuk menjalankan cukup Doubleklick saja

Berikut adalah tampilan dari software ini. Silahkan masukkan kata di aksara lathinya, secara otomatis aksara batak akan terkonversi.

Atau gunakan cara lain, yaitu dengan mengubah FONT LATHIN yang ada di komputer anda dengan Font BATAK.

Caranya cukup gampang. Download FONT BATAK di sini, dan kopi ke C:/windows/fonts, lalu buka MS-OFFICE, dan coba ketikkan huruf latin lalu buka jenis FONT dan pilih BATAK.

Selamat mencoba ya!

Silahkan Klik Link berikut http://www.4shared.com/file/PTiqURdU/software_aksara_batak.html
Share this Article on :
 

© Copyright GENIUS SIREGAR (Alumni PTKI Medan'10) 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.