Regar Update :

Tugas TK3

Selasa, 03 April 2012

TUGAS 1 TK3

1.       Berikanlah penjelasan ringkas:
a.       Mengapa keselamatan dan kesehatan kerja perlu?
b.      Bagaimana usaha yang dapat dilakukan oleh (a) Perusahaan dan (b) Pekerja untuk dapat mewujudkan keselamatan dan kesehatan kerja?
c.       Angkatlah sebuah kasus kecelakaan kerja yang dapat anda peroleh dari media cetak maupun media elektronik. Lampirkan dalam laporan makalah anda  (contoh kasus yang berbeda untk tiap kelompok).
Menurut anda,
o   Mengapakah kecelakaan tersebut terjadi?
o   Berikan usulan, apasajakah (a) tindakan korektif dan (b) tindakan preventif yang dapat dilakukan terhadap kecelakaan kerja tersebut?


2.       - Studi Kasus 1

Jenis Kasus
:
Kecelakaan kerja yakni tertabrak yang menyebabkan kematian seorang pekerja.
Korban
:
Seorang pekerja (Mr. X), pria, 23 tahun
Job description Korban
:
Membantu mengarahkan kendaraan pengaduk beton.
Waktu kejadian
:
April 2011, siang hari, sekitar pukul 12.00.
Tempat kejadian
:
Lokasi pembangunan dengan posisi korban di belakang kendaraan pengaduk beton.
Peralatan yang menyebabkan kecelakaan
:
Kendaraan pengaduk beton
Urutan kejadian
:

Mr. X berada di lokasi pembangunan jalan sedang membantu mengarahkan kendaraan pengaduk beton untuk mundur. Seharusnya pekerja ini (Mr. X) berada di depan jalan masuk ruang bawah tanah untuk mengatur mengendalikan kendaraan yang keluar masuk ruang bawah tanah, tetapi malah lari ke belakang kendaraan pengaduk beton. Perusahaan telah menggunakan seorang pekerja sebagai asisten yang bertugas sebagai pengatur kendaraan tersebut, yakni Mr. Y. Mr. Y pada saat kecelakaan itu keluar dari jalan masuk ruang bawah tanah dan melihat korban Mr. X setelah tertabrak dan jatuh dengan helm terlepas dari kepala. Setelah terjatuh, Mr. X mencoba merangkak bangun menjauhi bagian belakang kendaraan pengaduk beton. Mr. Y yang melihat kejadian itu segera berlari ke bagian samping kendaraan memberi aba-aba tangan agar pengemudi berhenti memundurkan kendaraan. Komunikasi pengemudi akan aba-aba tangan itu tidak berjalan dengan baik, sehingga kendaraan mundur sekali lagi, ban bagian dalam sebelah kanan kendaraan melindas kepala korban (Mr. X) mengakibatkan korban tewas di tempat.

- Studi Kasus 2

Jenis Kasus
:
Kecelakaan kerja karena tertimpa dinding bata runtuh yang menyebabkan kematian seorang pekerja.
Korban
:
Seorang pekerja A, pria, 36 tahun
Job description Korban
:
Membongkar partisi ruangan dan lantai.
Waktu kejadian
:
Juni 2011, siang hari, sekitar pukul 12.00.
Tempat kejadian
:
Lokasi/area kerja pembongkaran partisi dan lantai
Peralatan yang menyebabkan kecelakaan
:
Dinding luar yang belum dibongkar.
Urutan kejadian
:

Di pagi hari, dua orang pekerja pria A dan B, sedang melaksanakan pekerjaannya yakni melakukan pembongkaran dinding partisi batu bata ruangan dalam, pembongkaran lantai dan tegel dinding. Setelah selesai  melakukan pekerjaan sehari itu, sisa pekerjaan pembongkaran di area itu dilanjutkan keesokan harinya. Keesokan harinya, pagi hari sekitar pukul 07.00 pemilik usaha sampai di area kerja untuk membukakan pintu bagi pekerja A dan memintanya menyelesaikan pekerjaan kemarin yang belum selesai. Pekerja B tidak dapat bekerja karena dalam keadaan sakit. Setelah memberikan penugasan, di area kerja tersebut hanya tertinggal pekerja A bekerja seorang diri. Kemudian pukul 09.00, pemilik usaha kembali ke area kerja untuk mengawasi kondisi kerja dan memeriksa apakah pekerjaan dilakukan sesuai aturan. Pemilik usaha itu juga mengingatkan keamanan kerja. Pemilik usaha lalu meninggalkan area kerja. Pukul 12.00 pemilik usaha kembali ke area kerja untuk mengantarkan makan siang, dan mendapati dinding luar pintu masuk telah runtuh. Tetangga terdekat memberitahukan bahwa pekerja A tertimpa batu bata yang roboh serta alat penghancur dinding. Setelah korban dikeluarkan dari reruntuhan dan dilarikan ke RS, pukul 17.00 hari itu pekerja A meninggal dunia.

Lakukanlah analisa ringkas terhadap studi kasus terjadinya kecelakaan kerja di atas, serta berikan kesimpulan! Studi kasus 1 untuk kelompok 1, 3, dan 5. Dan studi kasus 2 untuk kelompok 2, 4, dan 6.

3.       Dapatkan informasi seluasnya dan sajikan dalam tulisan makalah yang ilmiah dan komunikatif mengenai:

a.       Keselamatan dan kecelakaan kerja di bidang kimia (industri kimia). à Kelompok 1
b.      Keselamatan kerja bidang kebakaran dan ledakan. à Kelompok 2
c.       Potensi gangguan kesehatan kerja (kategori gangguan/efek, kategori penyebab, mekanisme efek, bidang kerja penyebab, strategi pengendalian dan penggunaan APD). à Kelompok 3 dan 4
d.      Bahan-bahan berbahaya, korosif, beracun, dan radioaktif, serta keselamatan alat-alat tangan dan tangga, ataupun APD. à Kelompok 5
e.      Ergonomi dalam hubungannya dengan keselamatan dan kesehatan kerja. à Kelompok 6


Pembagian Kelompok

No
Kelompok 1
No
Kelompok 2
No
Kelompok 3
1
FIRMAN ABEDNEGO SARWEDI S.
1
GENIUS SIREGAR
1
GIBSON SINAGA
2
NANTA OPRIYANDO GINTING
2
MUHAMMAD IRFAN SEMBIRING
2
MUHAMMAD IQBAL M LUBIS
3
JOSUA CRISTOFFEL HUTAURUK
3
JONATHAN ERIKSON HUTAGAOL
3
JOI ALFREDO GURUSINGA
4
MENTARI BR BANGUN
4
IMAM MUHARRAM GINTING
4
MARTINA ROSALINA
5
INDAH ANNISA
5
GOHANNA PARDEDE
5
HERMINAWATY SARAGI T.
6
JOHANA SIHOL MARITO PURBA
6
LAMRIS PASARIBU
6
JUSTITIA BR SIREGAR

No
Kelompok 4
No
Kelompok 5
No
Kelompok 6
1
HENDRIK HAMONANGAN AMBARITA
1
HENDRO AGUSTINO HUTABARAT
1
HOTMADINGOT SIHALOHO
2
MUHAMMAD HAIKAL PRADANA P
2
LAMBOK FERNANDO SITUMEANG
2
JOSVEN SIRINGO-RINGO
3
JANRI LENDHA PRATAMA
3
JADIMAN PUTRA NAINGGOLAN
3
IRWAN LUMBAN SIANTAR
4
HAMIDAH ILYAS
4
MARLIA CRISTIN BR SITEPU
4
INDRA TRI WARDHANA
5
LISKA KRISTINA EVAULINA
5
HELDA MARIA AGUSTINA A.
5
HARNITA SEBAYANG
6
JESIKA INDRIANI OMPUSUNGGU
6
KHAIRUNNISA NASUTION
6
INDAH RIZKY




7
LUSIA PINEM



Catatan:

1.       Tugas diserahkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy. Penyerahan tugas dilakukan paling lambat hari Rabu, 18 April 2012 pukul 10.00 WIB (dikoordinir oleh Ketua Kelas). Khusus untuk softcopy dikirimkan oleh masing-masing kelompok ke alamat email: vitamarbun@gmail.com dengan batas waktu yang sama.

2.       Jadwal presentasi akan diinformasikan selanjutnya kepada Ketua Kelas, diharapkan setiap kelompok mempersiapkan bahan presentasinya dalam format power point. Bahan presentasi kelompok (hardcopy) dibagikan kepada kelompok lainnya (satu untuk tiap kelompok) sehari sebelum jadwal presentasi.



Terima Kasih
Selamat Belajar dan Bekerja


Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright GENIUS SIREGAR (Alumni PTKI Medan'10) 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.